Mau Sukses? Inilah 3 Bisnis yang Selalu Menjanjikan!

Siapa yang tidak mau sukses dan banyak uang? Tapi, bisnis apa yang menjanjikan saat ini dan bisa memberikan kesuksesan untuk kia semua? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 3 pilihan jenis usaha yang selalu terlihat baik untuk kita coba, setidaknya pilihan bisnis yang akan kami bahas kali ini selalu layak untuk di garap.
bisnis menjanjikan
Secara sederhana, bisnis memiliki arti usaha komersial dalam usaha perdagangan; bidang usaha dan; usaha dagang. Lebih lanjutnya, bisnis merupakan usaha untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan modal yang ada. Modal yang ada bisa berupa tenaga, jaringan perkenalan, barang, dana, jasa atau gabungan di antaranya. Tentu saja bisnis harus menguntungkan untuk semua pihak.

Keuntungan yang didapat tentu berbeda untuk masing-masing pihak yang melakukan kesepakatan bisnis. Ada yang mendapat keuntungan finansial, ada yang mendapatkan jasa, produk dan bahkan koneksi. Keuntungan finansial adalah jenis yang dicari oleh hampir semua produsen dan penjual. Namun, besaran keuntungan finansial tentu berbeda-beda, tergantung jenis usahanya.

Dari sekian banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan, berikut kami tuliskan beberapa cara mudah memilih jenis usaha:

1. Perhitungkan modal awal

Modal, bagi para pebisnis adalah pertimbangan paling utama untuk usahanya. Pasalnya, modal menyangkut potensi dan kemampuan menjalankan usaha ke depannya. Kemampuan modal juga merupakan pengaruh penting untuk perencanaan konsep bisnis.

Dewasa ini, modal tidak hanya berasal dari aset pribadi, tetapi juga bisa didapatkan dari utang, pinjaman, dan jaminan. Namun, ada pula beberapa bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal.

2. Rencanakan konsep dengan matang

Perencanaan konsep meliputi jenis usaha apa yang akan dijalankan, kemampuan modal untuk memulai, keunikan apa yang diinginkan, hingga analisis SWOT. Perencanaan konsep bahkan merupakan pembahasan panjang tersendiri dalam memulai usaha. Termasuk juga mengira pasar yang potensial, BEP, dan strategi marketing.

Banyak usaha yang sukses karena adanya konsep yang matang, bahkan meskipun konsepnya sederhana sekalipun. Dengan konsep yang matang dan terarah, modal awal bisa ditekan seminim dan seefektif mungkin.

3. Lakukan analisis SWOT

Analisis SWOT sering dipakai dalam setiap perumusan kegiatan dan perencanaan. Analisis SWOT terdiri dari analisis strength (kekuatan atau kelebihan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman). Kebanyakan yang ingin memulai usaha dengan optimis hanya menghitung peluang dan kelebihan jenis usahanya. Namun, perhitungan untuk kelemahan dan ancaman sering kali diabaikan. Perhitungan demikian muncul dari rasa optimisme tinggi pada rencana usahanya. Jika tidak diperhitungkan dengan matang, ancaman dan kelemahan ini justru bisa mematikan usahanya.

Beberapa contoh analisis SWOT sederhana adalah adanya saingan yang bergerak di bidang yang sama atau tidak, peluang pasar seperti apa, apa saja perbedaan dengan saingan, dan lain-lain. Termasuk juga perhitungan di aspek mana potensi kerugian yang paling tinggi. Analisis SWOT bahkan sering dimasukkan dalam setiap proposal pengajuan modal ke lembaga-lembaga terkait atau pengajuan kerja sama yang tertulis. Jangan sampai usaha Anda mengalami rugi besar hanya karena tidak mampu melihat ancaman dan kelemahannya.

4. Mulai dari hal sederhana

Untuk memulai usaha, sebaiknya Anda jangan memiliki ekspektasi tinggi terlebih dulu. Usaha sederhana yang dijalankan dengan serius dan berkelanjutan dengan konsep yang matang, sering kali mendatangkan keuntungan lebih banyak. Kunci utamanya adalah konsisten dan “melahap” semua peluang yang ada. Jangan terlalu banyak menghabiskan modal di awal usaha., karena selain berani memulai, Anda juga membutuhkan konsistensi.

5. Contoh usaha yang menjanjikan untuk dijalankan

Dari berbagai cara mudah memilih jenis usaha yang ingin dijalankan di atas, berikut kami tuliskan jenis-jenis usaha yang menjanjikan.

  1. Kuliner: Sektor kuliner–terutama pengolahan pangan, penjualan, dan rumah makan adalah jenis bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Selain karena pangan adalah kebutuhan pokok manusia, kuliner kini juga diburu karena “hobi”. Ya, banyak orang yang gemar menjajal makanan-makanan lezat, atau katakanlah meluangkan waktu untuk melakukan wisata kuliner. Kafe-kafe yang menyajikan makanan ringan juga sedang digemari saat ini, terlebih jika kafe tersebut didesain dengan unik dan kekinian. Selain urusan cita rasa makanan, tempat yang ciamik akan membuat para kawula muda berbondong-bondong mendatanginya dan menjadikannya sebagai spot foto. Tidak hanya laris manis, kafe pun akan mendapat promosi gratis lewat unggahan-unggahan pengunjung di media sosial.
  2. Properti: Sektor properti cukup menjanjikan dan diminati saat ini. Baik dengan investasi, membeli rumah untuk disewakan atau dijual kembali dan menjadi perantara. Sektor properti juga sering disebut sebagai salah satu sektor usaha yang minim risiko dan memiliki prospek bagus untuk jangka panjang.
  3. Fashion: Fashion adalah bisnis yang tidak ada matinya. Selain sebagai kebutuhan utama, tren fashion yang silih berganti juga menjanjikan peluang bagi yang jeli melihatnya. Bahkan, kini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal dengan membuka toko offline. Anda bisa merintis bisnis ini diawali dari penjualan online.

Demikianlah cara memudah memilih jenis usaha dan pilihan bisnis yang menjanjikan. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *